Anika Kurniawati
SD Negeri Slametan


Selasa, 14 April 2020
RESUME  11
MENULIS BUKU DALAM SEMINGGU




Dalam pembelajaran kali ini narasumber yaitu beliau Bapak Eko Indrajit seorang dosen dan juga konsultan.

Beliau sudah mengajar semenjak di sekolah dasar, beliau besar di kota terpencil Dumai di Riau. Mengajar sudah menjadi hobbynya dari kecil. Sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Beliau mengajar macam-macam dari kecil, mulai dari mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya.

Ketika pandemi terjadi, semua harus berkarya dan bekerja dari rumah. dan yang penting harus menjaga stamina tubuh agar tidak turun, sehingga tidak mudah terserang oleh virus ini. Beliau berkata , "Nah pada saat covid, saya tidak bisa lagi mengajar secara langsung tatap muka,  kalau saya tidak mengajar, stamina menurun, kalau stamina menurun, saya bisa tertular virus".
Maka pada hari ke 5 lockdown di rumah, beliau memutuskan untuk mengajar via streaming YouTube.

Trik menulis buku dalam seminggu menurut Pak Eko Indrajit yaitu kita harus mendisrupsi diri sendiri. sebagai contoh : Mau menulis tentang DIGITAL MINDSET.

Maka anda harus menjawab pertanyaan (dalam bentuk tulisan) sebagai berikut (5W1H):.
1: APA yang dimaksud dengan digital mindset?
2. MENGAPA digital mindset dibutuhkan?
3. SIAPA yang harus berubah mindsetnya?
4. DIMANA digital mindset harus diterapkan?
5. KAPAN digital mindset diterapkan? 
6. BAGAIMANA cara menerapkannya?
Nah, satu hari tulis satu. Berarti hari keenam sudah jadi.

Menulis yang baik menurut Pak Eko yaitu : tulis saja apa yang ada di kepala kita. ndak usah takut. kualitas menulis itu ditentukan oleh pembacanya. Buatlah tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek, menulis hal-hal yang buruk kalau bagi saya mendatangkan energi negatif,  malah akan mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang.

Bagaimana menjaga kondisi pemikiran agar senantiasa fokus pada apa yang kita akan tuliskan? 
Menurut Pak Eko Supaya fokus, jangan menulis terlampau lama (kecuali anda membuat penelitian atau tulisan dokumenter). Paling lambat 100 hari sudah harus jadi. Karena kalau lama-lama, kita kehilangan folkus, dan ilmu yang mau kita sharing sudah berkembang dan berganti lagi isunya. Pilih satu judul yang lagi trend, bahas dari sisi yang tidak pernah terlihat orang lain. misalnya masalah COVID-19.

Dalam materi ini penulis harus lebih aktif untuk menyodorkan ke penerbit. Karena apa sekarang buku kalah sama internet, maka dari itu kita harus rajin menulis di blog agar bisa membuat buku 

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini